Sejarah Thawalib Jakarta

24 10 2009

Thawalib muncul pertama kali awal abad 20, sebagai suatu gerakan yang berorientasi kepada kemajuan islam. Lahir dan berkembang sebelum Indonesia merdeka, perkembangannya menerobos hingga ke pulau-pulau lain di Indonesia.
pada akhir tahun 1970-an, para alumni Thawalib Sumatera Barat bertekad memulai era baru gerakan Thawalib dari Ibu kota negara.Tokoh-tokoh yang paling berperan mempelopori Thawalib Jakarta antara lain : Prof. K.H Zainal Abidin Ahmad, H. OemarBakri Datuk Tan Besar, H. Kasim Ahmad, Bahar Sutan Kayo, H. Djamal Djamil, H. Ilyas Abdul Lathief Datuk Nan Sati, dll

Berdasarkan tekad yang bulat karena dilatar belakangi berbagai masalah sosial, ekonomi dan politik di Negeri ini, dengan ” BISMILLAHIRRAHMANIR RAHIEM” di awal tahun 1982, lahirlah Thawalib Jakarta dengan kegiatan pertamanya menyelenggarakan Kursus Dakwah 6 (enam) bulan. pada saat kursus dilaksanakan pesertanya mencapai target namun dirasakan membina ahli agama dan ulama dalam masa singkat tidak mungkin terwujud. oleh karena itu, para pengurus Thawalib Prof. K.H Zainal Abidin Ahmad mengubah, kursus di tingkatkan menjadi akademi dan lagirlah kemudian Akademi Dakwah dan Publisistik Thawalib Jakarta.

Setelah perkuliahan di Akademi tersebut berjalan hampir 2 tahun, pengurus melihat kemampuan para mahasiswa yang kebanyakan pendidikan sekolahnya bukan dari sekolah Agama, maka tidak mungkin juga dapat menghasilkan sesuai harapan. disamping itu, pada saat itu pengurus mendengar akan di hapuskan program sarjana muda di Indonesia, sehingga di mungkinkan jika mahasiswa tamat akademi tidak memperolah gelar. akan tetapi, semangat Bapak Prof. K.H Zainal Abidin Ahmad (Ketua) terpaksa harus diteruskan Oleh Bapak Haji Oemar Bakri Datuk Tan Besar, sebab meninggalnya Beliau pada tanggal 26 April 1983.

Di tangan Haji Oemar Bakri Datuk Tan Besar, Akademi ini  sempat diresmikan oleh mantan Wapres R.I H. Adam Malik, 19 Agustus 1983. Kemudian beliau mengambil kebijaksanaan kurikulumdiubah menjadi Sekolah Tinggi Dakwah & Publisistik Thawalib Jakarta dan mengadakan Integrasi ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jakarta.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: